Minggu, 06 Februari 2011

Lenovo IdeaPad U460

Lenovo di penghujung tahun 2010 ini merilis laptop tipis terbarunya. Produk bernama Ideapad U460 ini ditujukan bagi para profesional yang gemar menjinjing laptop tipis kemana saja, dengan fitur keamanan prima.

Menurut Lenovo, Ideapad U460 dibuat untuk kalangan profesional ataupun pengguna rumahan. Dengan ketipisan kurang dari 1 inci, laptop ini termasuk ringan dan mudah dijinjing atau dimasukan ke dalam tas.

Desain Ringan dan Tipis

Ideapad U460 yang dijajal detikINET memiliki kombinasi warna hitam dan silver. Dengan ukuran layar 14 inch, laptop ini cukup nyaman saat digunakan untuk mengetik dokumen, browsing, ataupun menonton film HD.

Bagian naterai laptop ini cukup didesain dengan rapi, sehingga tak ada tonjolan di bagian belakang body laptop. Untuk desain keyboard, laptop ini menggunakan jenis papan ketik chiclet yang memang sedang naik daun. Saat digunakan untuk mengetik rasanya pun cukup nyaman.

Satu hal yang menarik perhatian Ideapad U460 adalah touchpadnya, yang tampil dengan desain kasar berbintik. Bahan glossy yang menyelimuti keyboard kini menyatu dengan touchpad dengan desain halus berbintik.

Tampilan dan desain ini membuat jari-jari terasa nyaman untuk beraksi di atas touchpad. Kemudian untuk masalah klik kanan dan kiri, tombolnya juga empuk. Tidak ada kesan tersendat saat detikINET melakukan drag & drop pada sebuah file.

Secara umum, desain keyboard laptop ini sangat simpel. Tombol power terletak di sisi kiri atas, sementara beberapa indikator mungil ada di kanan atas.

Di sisi kanan body laptop terdapat 3 buah colokan USB, slot micro SD, power adaptor port, panel wifi, serta jack audio. Sementara di bagian kiri terdapat tiga buah port: eSata, HDMI, dan LAN. Tepat di ujung kanan bawah keyboard terdapat finger print yang merupakan satu kelebihan laptop ini.

Salah satu keunggulan lain produk ini ada di bagian bawah netbook. Dengan desain yang diusungnya, pengguna bakal sangat mudah untuk mengupgrade ataupun mengganti RAM.

Menonjolkan Sisi Keamanan

Produk ini menawarkan fitur keamanan prima bagi para penggunanya. Dengan opsi pilihan finger print dan Veriface Log-on, pengguna yang menginginkan privasi tinggi pada laptop kerjanya rasanya sangat cocok memiliki laptop ini.

Saat Windows standby, laptop ini secara default akan mengunci. Saat ingin login kembali, pengguna akan ditawari login dengan veriface (software bawaan Lenovo) atau finger print.

Performa Grafis

Dari sisi prosesor, detikINET telah mencoba performanya selama sekitar satu minggu. Prosesor Intel Core i5 540M (2.53 Ghz) ini cukup bisa menangani video streaming full HD 1080p dari YouTube, layaknya produk lain sejenis. Tak hanya itu laptop ini juga mampu digunakan untuk menyaksikan film .mkv berkualitas full HD.

Dari sisi grafis Ideapad U460 dibekali Nvidia GeForce 305M. Grafis minimalis tersebut sudah cukup mantap untuk melakukan decoding MPEG-2, varian H.264 serta VC-1 1080p untuk konten-konten multimedia. Sangat lancar. Begitu pula saat dijajal detikINET untuk melakukan rendering video berformat .avi selama sekitar 30 menit.

Nah, ketika dibebani bermacam-macam tes diatas, laptop ini cukup terasa panas di bagian bawah keyboard. Alhasil telapak tangan bagian bawah pun juga turut terasa panas.

Saat digunakan hanya sebatas pekerjaan kantoran macam Office dan memutar .mp3, laptop ini sudah lebih dari cukup. Sementara saat digunakan untuk mengedit foto beresolusi diatas 3000 pixel dengan beberapa efek yang lumayan berat, laptop ini masih mampu bekerja tanpa tersendat.

Performa Baterai

Dari posisi kosong, laptop ini membutuhkan waktu pengisian baterai sekitar 2,5 jam. Untuk daya tahan baterai, detikINET mengetesnya dengan membuka browser Firefox serta Wifi dalam keadaan terus menyala. Sementara untuk setting display, laptop ini diset dalam posisi normal (default). Hasilnya Ideapad U460 dapat bertahan dalam durasi 5 jam: 09 menit :16 detik.

Tak hanya itu, detikINET pun melakukan tes benchmarking baterai dengan Imtec Battery Mark 1.1. Laptop ini dibebani tes dengan load prosesor 100 persen terus menerus. Hasilnya, Ideapad U460 mampu bertahan selama 3 jam: 10 menit: 46 detik.

Kesimpulan:

Dengan segala karakter yang dimilikinya, menurut hemat detikINET, Lenovo Ideapad U460 cocok digunakan bagi kelas eksekutif muda seperti para Account Eksekutif yang gemar presentasi dengan membawa laptop.

Karakter elegan, dengan garis perak dikombinasikan warna keyboard silver terasa sangat pas dengan karakter maskulin. Apalagi ditambah ukuran tipisnya yang hampir menyerupai ukuran MacBook. Pengguna yang berminat dapat mergoh kocek sebesar USD 599 atau sekitar Rp 5,3 jutaan.

Kelebihan:
+ Desain tipis bobot ringan
+ Harga lumayan murah
+ Ada port HDMI dan eSata

Kekurangan:
- Bagian bawah keyboard terasa sedikit panas

Spesifikasi Umum:

* CPU: Intel Core i5 540M (2.53 Ghz)
* OS: Windows 7 Home Premium
* GPU: Nvidia GeFore 305M
* Display: 14 inch, 1366 x 768 pixel
* Memori: 4 GB DDR3
* I/O: 3 USB, HDMI, eSata, LAN, slot SD card, VGA
* Storage: 500 GB
Diposkan oleh japanidols di 05.57
Label: Gadget


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 kritik,saran dan komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar

Powered By Blogger